Pemerintah Desa Marioritenga Gelar Acara Mappadendang, Simak Beritanya

0

Soppeng.Sulsel

breakingsulsel.com - Pemerintah Desa Marioritenga bersama sejumlah petani melaksanakan acara mattuda tudangan di Batue Dusun Sanaule di rangkai kan  dengan kegiatan tradisional Iaitu main musik Lesung (Mappadendang)

Musik lesung merupakan adat istiadat nenek moyang pendahulu kita,setelah mereka mendapatkan hasil panen padi yang di kelolanya berhasil dengan baik dan penuh rasa syukur.


"Kepala Desa Marioritenga Andi Syamsu Bahri dalam sambutannya mengatakan bahwa di Sanaule ini adalah tempat kerajaan di masa silam,dan semoga kedepannya tetap kita bisa melestarikan budaya dan  adat istiadat di dusun Sanaule tentunya,dan ia juga menyampaikan banyak terimakasih kepada kepala balai Andi Rizal yang menyempatkan dirinya hadir di tempat ini,"jelasnya.  

Camat Marioriwawo Andi Ashar apresiasi pemerintah desa Marioritenga dan para petani dengan adanya kegiatan seperti ini, pemerintah kecamatan Marioriwawo sangat mendukung penuh,semoga kedepannya dan selalu berinovasi dan kearifan budaya selalu terjaga, oleh kerena itu mudah mudahan  ke depannya lebih baik lagi.


Lanjut Kepala Balai Budaya Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara,Andi Rizal dirinya merasa bersyukur bisa hadir di tempat ini yang penuh berkah dan bisa menyaksikan kearifan lokal.

"Ia juga menyampaikan kita melestarikan kebudayaan lokal dan banyak sekali nilai-nilai kearifan yang sebenarnya kita tidak mengetahui seperti ini, kalau bukan orang tua kita yang menceritakan  naskah perjalanan dari sagiangsarri,jelasnya.


Hadir di kegiatan tersebut Kepala Desa Marioritenga,Kepala Balai Budaya Sulsel, Kapolsek Marioriwawo,Camat Marioriwawo,Babinsa Koramil 1423/05 Marioriwawo,Kepala Dinas Pertanian di Wakili, Koordinator pertanian Marioriwawo, para petani dan tokoh Agama/ Masyarakat.


(**)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)