Ritual Mabbissa Arajang Adat dari Orang Asli Soppeng,Simak Beritanya

0


Makassar.Sulsel

Jelajahindonesi.id - Ritual Mabbissa Arajang adat dari orang-orang asli Soppeng secara mendadak, beliau mengatakan ini hanya hiburan semata bukan untuk dilawan dan bukan untuk di adu ilmu hitam dan hal-hal yang berbau negatif. Dan beliau menegaskan berkali-kali bahwa ini hanya sebuah hiburan semata, ujarnya ridwan.Minggu (05/11/2022) 

Ritual ini adalah Mabbissa Arajang merupakan suatu bentuk ritual turun-temurun yang dilakukan dengan cara membersihkan benda-benda pusaka yang masih dianggap sakral serta dilaksanakan setiap satu kali, dua kali, tiga kali, dan seterusnya bergantung pada hasil kesepakatan antara keluarga pemiliki Arajang dan tokoh adat. Dan pada kegiatan tersebut ada beberapa atraksi yang di lakukan. Seperti membungkus orang hidup-hidup dalam sebuah kain hitam dan dililit oleh tali hitam yang sangat kuat dan padat. 


Setelah diikat dan di tutupi oleh kain hitam, pelaku atraksi melakukan ritual yang berlandaskan doa-doa dari leluhurnya dan apa-apa yang beliau arahkan pasti diikuti oleh yang dia suruh ( orang yg diikatnya ) . Selain diikat dan di tutup , anak tersebut di masukkan ke dalam kardus dan dikunci rapat. Dan anehnya seketika anak itu menghilang, dan hanya di temukan tali hitam dan penutup kain hitam. Sangat dahsyat ritual yang dilakukan pelaku ini, sangat membuat penonton sekitar kebingungan serta heboh saat ditampilkan atraksi yang spektakulernya. 

Salah satu anak muda bernama Ahmad Fajrul falah asal Jakarta sebagai penonton pelaku atraksi mengatakan bahwa " ini sungguh tidak masuk akal, dan sangat membingunkan. Ini sangat menakjubkan, bagi kalangan masyarakat yang tidak mengetahui hal-hal ghaib. 

Maka dari itu, adat istiadat budaya dan agama harus selalu di pertahankan agar tradisi-tradisi yang leluhur kita tidak punah sampai sekarang. Jl. Boulevard Ruko Cemp. No.5-28, Masale, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231. 

Reporter Aril | Xyphoideusz

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)