Kerupuk Tette, Teman Camilan Yang Cocok di Setiap Momentum Berharga

0

Pamekasan

breakingsulsel id - Selain terkenal dengan hasil garamnya yang melimpah, Madura khususnya kota pamekasan memiliki makanan khas yang unik dan menarik seringkali digunakan sebagai buah tangan dari bumi gerbang salam ini . Namanya kerupuk Tette. Kerupuk ini terbuat dari singkong rebus lalu ditumbuk di atas batu panjang.

Diberi nama Tette (Bahasa Madura) karena proses pembuatan kerupuk ini dipipihkan dengan alat yang dirancang khusus untuk pembuatannya. Yakni ditumbuk di atas batu dan diberi bumbu penyedap agar lebih gurih dan nikmat saat disajikan diberikan campuran garam dan bawang putih .

Tumbukan singkong yang sudah pipih selanjutnya dijemur di bawah terik matahari hingga kering. Lalu baru digoreng hingga matang. Halimah warga asal desa Pamoroh Kecamatan Kadur Pamekasan menyebut, pembuat kerupuk singkong itu cukup mudah asalkan kita tekun, teliti, dan cermat dalam memilah dan memilih kwalitas singkong yang bagus untuk dijadikan bahan utamanya.

Ibu dua anak itu melanjutkan,  Perlu terjun langsung kelokasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal agar semuanya sesuai dengan keinginan. Kwalitas singkong dipilih yang lebih bagus tentunya agar hasil dari pengolahan yang sudah selesai lebih bertahan lama tentu  tidak mengurangi citarasa yang sudah ada. 

Proses penjemuran membutuhkan waktu paling lama sekitar satu hari full atau dengan jangka waktu 12 jam saat kondisi cuaca yang cerah. Katanya

Keripik tette biasanya disajikan secara original, ataupun diberi bumbu ataupun rasa asin. Biasanya setiap 100 biji atau lembar keripik tette, dibanderol seharga Rp 8.000. (1 ikat). Pungkasnya. (Idrus)


Editor : Kama 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)