Terungkap Identitas Pelaku Bom Bunuh Diri di Mapolsek Astana Anyar Bandung

0

Bandung 

targettuntas.com -  Kabar terbaru terkait identitas pelaku ledakan bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Kota Bandung, Rabu (7/12/2022) pagi akhirnya terungkap.

Dikabarkan bahwa dalam serangan tersebut, pelaku yang bernama Agus Sujatno (34) alias Abu Muslim dan seorang polisi bernama Aipda Agus Sopyan tewas.

Selain itu terdapat sembilan personel polisi mengalami luka ringan hingga berat. Satu orang warga sipil bernama Nurhasanah juga menjadi korban.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebutkan bahwa pelaku merupakan mantan narapidana kasus teroris yang pernah ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Nusa Kambangan.

Abu Muslim merupakan perakit bom panci yang meledak di Cicendo, Bandung, pada 27 Februari 2017.

Listyo Sigit menyatakan pihaknya tengah menelusuri jaringan pelaku bom Polsek Astana Anyar tersebut.

Menurut Kapolri, berdasarkan informasi awal, pelaku terafiliasi dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bandung atau JAD Jawa Barat.

JAD merupakan kelompok teroris yang berkiblat pada Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Kelompok ini telah dinyatakan terlarang oleh pemerintah Indonesia pada 2018. 

Polisi juga menyatakan masih menelusuri jenis bom yang digunakan pelaku. Dugaan awal, bom Polsek Astana Anyar, mirip dengan bom panci yang diledakkan pada peristiwa Cicendo, Bandung, pada 2017.

“Memang bentuknya bom panci, tapi bagaimana isinya masih dalam pengecekan tim Labfor. Bentuknya memang panci,” kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Ibrahim Tompo. 

Identitas pelaku turut dibenarkan kakek tirinya, Supono (84). Supono memastikan wajah pada mayat yang tubuhnya terpotong saat aksi bom bunuh diri itu terjadi adalah cucunya.

“Iya betul, itu Agus. Dia cucu tiri saya,” kata Supono saat ditemui di kediamannya, seperti dilansir, Rabu (7/12/2022).

Supono telah bersedia memberikan informasi ini kepada wartawan. Ia menyebut Agus telah lama meninggalkan rumah di Bandung hingga akhirnya diketahui menetap di Sukaharjo, Jawa Tengah yang di kutip dari (duniaoberita.com)

“Dia udah lama nggak di rumah, nikah juga nggak ngasih tahu. Cuma ngabarin aja kalau si Agus ini sekarang tinggalnya di Sukaharjo di Jawa Tengah,” ungkap Supono.


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)