Di Duga Perencanaan Kurang. Curah Hujan Tinggi, Beberapa Objek Fital RSUD Latemmamala Tergenang Banjir

0


Soppeng, Breaking Sul Sel.Com --- Hujan deras yang menguyur kota soppeng selama beberapa jam pada sore hari medio minggu kemari (14/5/2023) mengakibatkan Rumah Sakit Umum Daerah Latemmamala kebanjiran tak ayal, banguna baru samping Intlasi Gawat darurat tergenang air hingga depan apotik beberapa ruang ikut digenangi air bahkan kabel yang menghubungkan instalasi ipal rumah sakit tersebut ikut tergenang begitupun pintu lift pada ruang baru tersebut ikut kena rembesan air hujan dari lantai atas. 

mengetahui info yang beredar melalui media sosial, Lembaga Swadaya Masyarakat Investigasi dan Informasi Kemasyarakatan (LSM LIDIK) Soppeng angkat bicara tentang kejadian tersebut dan mendesak DPRD Kabupaten Soppeng segera turun memeriksa kelokasi RSUD yang dimaksud dan mengusut apakah ada dugaan kesalahan perencanaan pada bangunan tersebut.dan memanggil Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Latemmamala dimintai keteranganya.


.

“Diduga bangunan tersebut perencanaanya kurang bagus, menurut saya kebanjiran yang melanda RSUD Latemmamala bukan disebabkan kontraktor apabila, sudah dilaksanakan sesua RAB dan besteknya yang telah ditentukan namun itu semata kegagalan dari konsultan perencana yang harusnya merencanakan dan mendesain bangunan yang dimaksudkan sehingga yang pantas diseret kerana hukum adalah konsultanya karena dianggap tidak propesional dalam merencanakan dan mendesain bangunan itu sehingga berdampak pada kerugian material,” ujar Galib selaku Ketua LSM Lidik. Senin, (15/5/2023).


Galib menambahkan, Kedepan kami mengharapkanPemerintah dalam proses tender konsultan betul betul dapat diseleksi sebagaimana wajarnya dimana menerapkan konsultan sesuai keahlianya dan memiliki sertifikat keahlian sehingga dapat menjamin mutu perencanaan dan desain suatu bangunan yang berbobot dan berkualitas pungkas Galib Ketua LSM Lidik..


Ditempat terpisah Ketua Komisi 3 DPRD Soppeng Moch. Chandra yang dimintai tanggapanya melalui telepon selulernya via WhatsApp pasca banjir di RSUD Latemmamala mengatakan. tentunya ini menjadi pembelajaran buat Dirut baru bahwa perencanaan sangatlah penting. Saya berharap ada tindak lanjut segera untuk dicarikan solusi perbaikan begitupun untuk sesegera mungkin mencari penyebab banjir di RSUD Latemmamala sesegera mungkin menanganinya karena jangan sampai menyebabkan pelayanan terganggu pungkasnya.


Direktur RSUD Latemmamala Soppeng dr.Hj. Sitti Mudirusniah saat disambangi di ruang kerjanya mengatakan. kami telah melaporkan pasca kejadian banjir pada RSUD ini kepada Bupati Soppeng karena ini adalah milik pemerintah kabupaten kebijakannya juga keluar dari Bupati Soppeng namun dari semua itu kami telah mengambil langkah langkah untuk penanganan pasca banjir tersebuit sembari menunggu para ahli memeriksa pada instalasi listrik RSUD Latemmamala ujarnya. (RH/ Redaksi)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)