Kapten Inf Irfan Nasir (Ustd Kapten) bertindak sebagai Khatib dan Imam di Mesjid Babussalam Laburawung

0

Soppeng,Sulsel

breakingsulsel.com - Pasi Ops Kodim 1423/Soppeng Kapten Inf Irfan Nasir (Ustad Kapten) kembali memberikan Khutbah Jum'at  kali ini sesuai Jadwal dan permintaan Panitia Mesjid, beliau Khutbah dan Imam Jum'at di Mesjid Babussalam Laburawung Kel. Lapajung Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Jumat (27/01/2023)

Intonasi yang jelas dan lafal Quran yang Fasih adalah menjadi ciri khas beliau ketika Khutbah, ceramah dan memimpin Shalat.

Dalam kegiatannya, Khutbah yang disampaikan Ustad Kapten pada Jum'at kali ini adalah mengulas singkat tentang keistimewaan bulan Rajab.

Adapun inti Khutbah tersebut diantaranya, Ahamdulillah, saat ini ini kita telah masuk di bulan Rajab 1444 H dan sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan.

Bulan Rajab adalah salah satu bulan istimewa, Istimewanya bulan Rajab karena di dalamnya ada sebuah peristiwa besar yang terjadi yaitu Isra Mi'raj Rasulullah Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa kemudian naik ke Sidratul Muntaha dlm rangka memenuhi  panggilan Allah untuk menerima perintah Shalat 5 Waktu.

Itulah Inti dari Isra Mi'rajnya Rasulullah yaitu perintah mendirikan kewajiban Shalat 5 waktu. Ucap sang Ustad Kapten 

Sedangkan Hikmah Rajab yang lain adalah 

1.Bersihkan hati

-Positif tinking

-Senantiasa berdo'a yang baik untuk diri sendiri, untuk orang lain, bahkan untuk orang yang memusuhi kita sekalipun. Rasul bersabda dalam sebuah Hadits yang artinya " Jauhilah olehmu prasangka, karena sesungguhnya prasangka itu adalah sesesat-sesatnya berita.

Maka kita qajib Tabayyun dulu, yakinkan dulu kebenarannya baru kudian kita kabarkan, kita beritahukan kepada yang lain, kecuali berkaitan dgn masalah aib, maka tdk boleh kita membuka, mengumbar aib orang lain.

2.Ikhlas dan Ridha akan ketentuan Allah

(Kisah Rasul sblm diisrakan dari Masjidil haram ke Masjidil Aqsa,

Beliau diuji luar biasa beratnya oleh Allah, Pertama, Rasul kita ditinggal wafat Pamannya Abu Thalib, kemudian selang beberapa waktu menyusul Wafat juga Istri beliau Rasulullah yaitu Khadijah Radiayallahu anhuma. 2 org yg berperan sangat penting dlm membantu Dakwah dan syiar menyebarkan dan menegakkan agama Allah yaitu Islam. 

Dalam keadaan sedemikian gundahnya Rasulullah, Beliau lalu pergi ke Thaif, tempat beliau sempat dibesarkan oleh ibu susunya beliau yaitu Halimah As-Sa'diyah, 

dgn harapan akan mendapatkan bantuan, sokongan dll dari warga disana(Ass'adiyah..ternyata yg didapat, bukan sambutan, bukan bantuan bukan pertolongan, yang didapat adalah hujatan, cacian bahkan lemparan batu hingga tubuh beliau bercucuran darah..ini juga salah satu sebab waktu itu Malaikat Jibril Alaihis Salam murka melihat Rasulul kekasih Allah diperlakukan sedemikian rupa, Jibril kemudian meminta persetujuan Rasul untuk menghancurkan, meluluhlantakan kaum Thaif, tapi beliau Muhammad tdk memberikan izin bahkan membela dan mendoa'an mereka warga Thaif agar diampuni Allah, karena sesungguhnya mereka tidak mengerti.

3.Perbaiki & pererat Silaturrahmi dengan sesama.

Sabda Rasulullah "Kelak ada 2 golongan yang tidak akan dilihat Allah di hari Qiyamat, (yaitu orang yang suka memutus silaturrahmi dan Tetangga yang buruk).

4.Perbanyak mengingat Allah,

-"UDZKURULLAHA DZIKRAN KATSIIRA", dgn 

TASBIH, TAHMID, TAKBIR

Kesemuanya ada dalam SHALAT. Maka,

5.Dirikan Shalat sesuai syarat & rukunnya.

Shalat itu kita menghadap dan berkomunikasi dengan Allah, maka selayaknya harus suci terlebih dahulu, seperti Rasulullah ketika Mi'raj dan hendak menghadap Allah, terlebih dahulu dibersihkan jiwanya, dibersihkan hatinya dst.

Awalilah dengan berwudhu, bersuci yang tartil dan terib Lalu dirikanlah Shalat sesuai dengan syarat dan rukunnya tuntunan Rasulullah, 

Ingat Shalat adalah amalan kita yang oertama yang akan dihisab oleh Allah. Maka dirikanlah Shalat, dirikanlah Shalat, perbaikilah Shalat, perbaikilah Shalat. 

Insha Allah mudah-mudahan kita semua termasuk golongan yang akan terus menjaga Shalat kita,

Mudah-mudahan Allah senantiasa memberi kekuatan kepada kita sekalian agar tetap istiqamah di jalan yg diridhai-Nya, Amin YRA.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)