Tim SAR Lanud Sugiri Sukani Turun Ke Waduk Selamatkan Korban, Dalam Simulasi Latihan.

0

Majalengka 

breakingsulsel.com - TNI AU. Untuk meningkatkan kesiapan dan kesigapan, personil Lanud Sugiri Sukani menggelar Latihan Search And Rescue (SAR) dibawah kendali koordinator latihan Kapten Lek Bambang Suryo Nugroho yang menjabat sebagai Kasibaseops Lanud Sugiri Sukani, Kamis (23/2/2023)

Latihan Search And Rescue (SAR) berlangsung di waduk Lanud Sugiri Sukani disaksikan dan dimonitor langsung oleh Komandan Lanud Sugiri Sukani Letkol Pnb Supardo Butarbutar.,M.Han, dalam latihan SAR tersebut melibatkan seluruh personil Lanud Sugiri Sukani dan satu buah perahu karet, sebagai alat evakuasi korban dalam skenario latihan, serta satu personil sebagai bulsi.

Saya harap sebelum Latihan berlangsung agar semua perlengkapan di cek betul-betul agar dalam pelaksanaan latihan SAR berjalan dengan lancar dan aman, yang tidak kalah penting laksanakan koordinasi dengan baik, dengan harapan hasil dari latihan ini untuk bekal, pengetahuan dan kesiapan kita sebagai seorang prajurit, laksanakan secara optimal untuk menunjang tugas-tugas Operasi SAR tanpa mengabaikan keselamatan, Pesan Komandan Lanud Sugiri Sukani Letkol Pnb Supardo Butarbutar.,M.Han.

Lanjut disampaikan oleh koordinator latihan meskipun kegiatan ini sebagai latihan, saya tegaskan agar tiap-tiap personil dalam pelaksanaan harus  dengan serius, ada saatnya santai ada saatnya serius agar kegiatan ini berjalan dengan sukses. Adapun skenario dalam latihan ada salah satu warga yang sedang melakukan mancing terjadi insiden tenggelam, dan salah satu warga menolong korban dikarenakan kondisi penolong sudah lelah warga sekitar yang melihatnya langsung lari menuju pos piket Lanud Sugiri Sukani untuk meminta pertolongan.

Dengan koordinasi secara berjenjang sesuai rantai komando Kepala Dinas Operasi Mayor Lek Ichsan Irhamsyah melaporkan kepada Komandan Lanud Sugiri Sukani Letkol Pnb Supardo Butarbutar.,M.Han, kesempatan itu pula Komandan Lanud S Sukani langsung memerintahkan Kadisops agar laksanakan pertolongan dan turunkan tim SAR Lanud Sugiri Sukani.

Kasibaseops merangkap Ps Dansathanlan seketika itu pula, langsung bereaksi agar tim SAR Lanud Sugiri Sukani segera laksanakan pertolongan kepada korban, dengan waktu 8 menit tim SAR Lanud S Sukani langsung menurunkan perahu karet ke waduk untuk melakukan pertolongan, seketika itu pula korban langsung di evakuasi ke klinik Lanud Sugiri Sukani untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)