Budaya Marakka Bola Masih Tetap Terjaga Di Desa Lompulle

admin
0

 


Soppeng, Breaking SulSel ----- Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Salah satu budaya kearifan lokal yang ada yaitu tradisi mengangkat rumah.

Tradisi ini memungkinkan karena rumah yang diangkat tidak terbuat dari semen dan beton. Rumah tersebut masih terbuat dari material alami, misalnya kayu. Selain itu, tradisi ini dilakukan oleh puluhan warga.


Marakka' Bola adalah tradisi untuk memindahkan rumah yang dilakukan beramai-ramai oleh masyarakat. Tradisi ini masih dilakukan di Desa Lompulle, Kecamatan Ganra, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Melansir dari situs Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat, Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia, kebudayaan.kemendikbud.go.id, Selasa (15/8/2023), tradisi Marakka' Bola juga dikenal sebagai Mappalette dan sudah berlangsung secara turun-temurun.



Warga yang hendak memindahkan rumahnya akan dibantu oleh warga sekitar dengan sukarela. Bobot rumah yang dipindahkan tentu saja tidak ringan, bisa puluhan ton. Jarak rumah yang dipindahkan ke lokasi baru juga biasanya tidak dekat.

Untuk memudahkan proses mengangkat rumah awalnya, bambu-bambu diikat di masing-masing tiang rumah. Ini nantinya menjadi alat bantu mengangkat rumah. Bambu tersebut dipanggul bersama-sama untuk mempermudah mengangkat rumah dan memindah ke lokasi baru.

Penyampaian pemindahan rumah cuma melalui pengumuman di masjid dan secara spontan masyarakat datang beramai-ramai. Setelah rumah selesai dipindahkan atau di tempat baru, kegiatan dilanjutkan dengan acara syukuran atau yang dikenal masyarakat Bugis dengan acara Baca Barazanji. Tujuannya agar rumah yang baru saja dipindahkan terhindar dari bencana dan malapetaka.



Tradisi lalu diakhiri dengan acara makan bersama sebagai bentuk ikatan silaturahmi yang erat antarwarga. Usai mengangkat rumah, warga menyantap makanan yang disediakan pemilik rumah. Hal ini juga dianggap sebagai imbalan dan ucapan terima kasih kepada seluruh warga yang rela meluangkan waktu untuk membantu memindahkan rumah.

Pelaksannan kegiatan marakka bola berlokasi di Pakkasaloe Dusun Alliwengeng Desa Lompulle Kec.Ganra Kab.Soppeng pas depan rumah pak RT Jumat 8/12/2023, adapun yang terlibat gotong royong marakka bola adalah Babinsa khantibmas pokdarwis desa,pendamping desa,Pemerintah desa. 

 Redaksi/Pemdes Lompulle

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)